About

Hetalia Mochi - Sechelles

Kamis, 20 Juli 2017

Gerak Taksis

Pengertian Taksis

Taksis adalah gerak yang terjadi akibat rangsangan luar. Seluruh tubuh tumbuhan akan bergerak, dan arah geraknya ditentukan oleh arah rangsangan. Berdasarkan jenis rangsangannya, taksis dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:
Image result for gerak taksis1. Fototaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan cahaya. contohnya gerak Euglena menuju cahaya. Fototaksis dibedakan menjadi dua yaitu fototaksis positif dan fototaksis negatif. Fototaksis positif adalah gerak tumbuhan mendekati rangsangan cahaya, sedangkan fototaksis negatif adalah gerak tumbuhan menjauhi rangsangan cahaya. 
2. Kemotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan zat kimia. Contohnya gerak sel spermatozoid menuju sel telur.
3. Galvanotaksis atau Elekrotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan listrik. Contohnya Gerak organisme tingkat rendah bergerak mendekati listrik.
4. Termotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh rangsangan suhu atau temperatur.
5. Geotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh Gravitasi Bumi.
6. Tigmotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh kontak fisik atau sentuhan.
7. Reotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh aliran air.
8. Phonotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh suara.

0 komentar:

Posting Komentar

Alat Optik Teleskop

TELESKOP              Teropong atau teleskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh sehingga tampak lebi...